RSS

Resensi Film Negeri 5 Menara

20 Feb

Sudah baca novel negeri 5 menara? Jika belum, segeralah membacanya kerena novel ini akan diangkat ke layar lebar. Film adaptasi dari novel Negeri 5 Menara ini diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama dan akan tayang pada tanggal 1 maret tahun ini.

Negeri 5 Menara bercerita tentang sebuah petualangan enam anak bangsa yang berlatar belakang berbeda dan sangat sederhana. Bermula dari kisah seorang anak bernama Alif yang lahir di pinggir danau Maninjau dan tidak pernah keluar dari ranah minang tiba-tiba harus melalui perjalanan ke desa di pelosok Jawa Timur, demi menuruti keinginan ibunya untuk belajar di Pondok Madani. Di pondok inilah semuanya dimulai. Dipersatukan oleh hukuman jewer berantai, Alif berteman dekat dengan Raja dari Medan, Said dari Surabaya, Dulmajid dari Sumenep, Atang dari Bandung dan Baso dari Gowa. Di bawah menara masjid yang menjulang, mereka berenam sering menunggu maghrib sambil menatap awan yang berarak pulang ke ufuk. Di mata belia mereka, awan-awan itu menjelma menjadi negara dan benua impian masing-masing. Kemana impian jiwa muda ini membawa mereka? Mereka tidak tahu. Yang mereka tahu adalah: Jangan pernah remehkan impian, walau setinggi apa pun. Tuhan sungguh Maha Mendengar. Di pondok ini pula lah mereka amat mempercayai Man Jadda Wa Jadda, barang siapa bersungguh-sungguh maka ia akan sukses.

Pada dasarnya inti cerita film ini dibuat sama dengan novelnya, jadi pembaca novelnya tak perlu risau akan perubahan cerita. Novel Negeri 5 Menara merupakan novel pertama dari trilogi yang ditulis oleh A. Fuadi, novel kedua yang berjudul Ranah 3 Warna dan novel ketiga yang saat ini masih dalam proses penulisan.

Film garapan sutradara Affandi Abdul Rahman ini akan menampilkan sederet aktor dan aktris handal seperti Gazza Zubizzaretha, Ernest Samudera, Billy Sandi, Rizki Ramdani, Aris Adnanda Putra, Giofani Lubis, Ikang Fauzi, dan Lulu Tobing. Film yang menggunakan lokasi syuting mulai dari Padang, Bandung, lalu pesantren Gontor di Ponorogo dan ditutup di London, Inggris ini, diramalkan akan meraih kesuksesan setara dengan penjualan novelnya yang mencapai 200.000 eksemplar dengan 12x cetak.

 

 
Leave a comment

Posted by on February 20, 2012 in entertainment

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: